Home Terbaru Cara Budidaya Maggot untuk Pemula, Modal Kecil dengan Peluang Besar

Cara Budidaya Maggot untuk Pemula, Modal Kecil dengan Peluang Besar

Video kabar2 terbaru June 1, 2022 1:02 pm

JAKARTA, celebrities.id – metode budidaya maggot untuk pemula dapat menjadi acuan praktis anda di dalam mengawali bisnis dengan modal kecil di ranah pakan peternakan. 

Maggot BSF sangat banyak diberikan pada ayam, namun tidak sedikit serta peternak yg menggunakannya sebagaimana pakan campur hewan yg lain.

Pakan alami ini dapat menjadi salah satu penyeimbang kebutuhan protein bagi beberapa komoditas yg membutuhkan maggot. Sebab, maggot menjadi salah satu komoditas yg sangat menarik dikembangkan, terlebih trendnya terus berkembang berasal dari ke hari. Pemula dapat melakukan budidaya maggot dengan metode yg sederhana.

Harga jual satu kilogram maggot di pasaran sekitar Rp6.000 per kilogram. Sementara, maggot yg masih di dalam tahap pre pupa dipatok Rp80.000 sampai Rp100 ribu per kilogram.

Kehadiran maggot BSF ini sangat membantu pengolahan limbah organik. Beberapa waktu ke belakang serta diketahui, ternak ikan lele yg memakan maggot BSF hendak tumbuh lebih cepat. Maggot BSF dapat menjadi salah satu solusi permasalahan limbah sampah organik rumah tangga sekaligus menjadi potensi bisnis yg sangat menarik.

Baca Juga :  Kangen Band - Cinta Dalam Lamunan

Dilansir berasal dari berbagai sumber, celebrities.id, Hari Rabu (1/6/2022) telah merangkum metode budidaya maggot untuk pemula, sebagaimana berikut.

Maggot atau sebagian orang mengenal dengan nama belatung ialah larva berasal dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens di dalam bahasa Latin. Maggot merupakan larva berasal dari jenis lalat yg awalnya berasal berasal dari telur dan juga serta bermetamorfosis menjadi lalat dewasa.

Pemerintah Indonesia sejak awal 2020 telah menerangkan hendak menjadikan larva lalat Black Soldier Fly (BSF) sebagaimana bahan baku alternatif untuk pembuatan pakan ikan. bagaimanapun telah terdapat bahan baku yg lain yg serta dapat dijadikan bahan baku alternatif, maggot menjadi unggulan karena terdapat sangat banyak manfaat dan juga serta keunggulan yg tidak terdapat pada bahan baku yg lain.

Baca Juga :  DJ CAMPURAN MENGKANE FYP TIKTOK VIRAL TERBARU

Keunggulan maggot dibanding bahan pakan lainnya di antaranya karena maggot mengandung protein tinggi dan juga serta berkualitas yg dibutuhkan dari ikan, pembuatan yg mudah dilakukan dari siapa saja dengan biaya produksi yg murah dan juga serta terjangkau sebab media utamanya ialah sampah organik. Dengan diolah menjadi maggot, sampah hendak menghilang dan juga serta di saat yg sama hendak menjadi bahan pakan untuk ikan.

Cara Budidaya Maggot untuk Pemula

1. Persiapkan Bahan dan juga serta Media Budidaya

Berikut ialah beberapa bahan dan juga serta alat yg penting disiapkan: 

a. Dedak 5 kg atau sampah organik, limbah sayur atau peternakan.
b. EM4 atau 1 botol yakult.
c. 5 sendok makan gula pasir.
d. 1 liter air.
e. Penyedap rasa.
f.  2 ember dengan ukuran yg berbeda, satu besar dan juga serta kecil. Apabila tidak terdapat dapat diganti dengan baskom ukuran besar dan juga serta sedang. 
g. Tali yg difungsikan untuk mengikat, dapat menggunakan tali rafia atau lainnya. 
h. Kantong plastik bening. 
i.  Sisa makanan atau daun-daun.

Baca Juga :  Kabar2-PENTAS MUSIK KOES PLUS Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Boyolali ke - 175

2. Proses Memancing Lalat BSF

Berikut ialah beberapa proses memancing lalat yg dapat anda simak:

a. Siapkan ember kecil, kemudian isilah dengan 1 liter air. Kemudian, tambahkan serta gula pasir serta EM4 (dapat diganti yakult). Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata dan juga serta larut. 
b. Pada ember yg lebih besar, masukkan bekatul atau dedak yg telah disiapkan. Tambahkan serta penyedap rasa dan juga serta aduk seluruh bahan sampai tercampur rata. Tujuan berasal dari adanya penyedap rasa ini sendiri untuk mengeluarkan bau yg disukai dari lalat BSF.

 

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Lihat video selengkapnya :