BREAKING NEWS

Traveling

Sastra

Cinta

Kerangka Tikus Purba Raksasa Ditemukan Di Pulau Timor

    Proyek penggalian arkeologi di sebuah gua terpencil di Pulau Timor, tepatnya di wilayah Timor-Timur (Timor Leste) berhasil menemukan kerangka tikus berukuran raksasa. Dr. Ken Aplin yang memimpin proyek penelitian ini mengatakan bahwa ini adalah kerangka tikus terbesar yang pernah ada di dunia. Proyek ini sudah dimulai sejak tahun 2010 silam. Pria yang bekerja di Australia’s Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) ini ukuran tikus ini 40 kali lebih besar dari ukuran tikus modern saat ini dan beratnya mencapai 6 Kg atau setara dengan bayi berusia 3 bulan. Sebagai catatan, kebanyakan ukuran berat tikus rumah saat ini yakni 150 gram dan tersebar di seluruh benua di dunia.

Tikus terbesar di dunia
Tikus raksasa ukuran masa kini - photo by snafu
    Penemuan besar oleh para arkeolog Australia ini tentu sangat menggemparkan dunia ilmu pengetahuan modern. Selain menemukan kerangka tikus purba raksasa, para arkeolog juga menemukan 13 spesies hewan pengerat lainnya dan 11 spesies tergolong baru dalam ilmu pengetahuan dan delapan diantaranya berbobot 2 Kg. Menurut Dr. Aplin yang juga merupakan pakar satwa khusus Indonesia Timur mengatakan bahwa wilayah Indonesia Timur menjadi "rumah" bagi evolusi hewan-hewan pengerat.

Tikus Raksasa Di Dunia
Kerangka tikus raksasa yang ditemukan di Pulau Timor - photo by gizmag
    Berdasarkan perhitungan usia kerangka tikus tersebut dengan menggunakan metode karbon, dipastikan bahwa tikus raksasa ini hidup sekitar 1000-2000 tahun silam. Kebanyakan dari tikus-tikus raksasa ini telah punah dan menyisakan tikus dengan ukuran kecil seperti saat ini. Kepunahan tikus-tikus raksasa tersebut disebabkan dalam praktek pertanian dan habitat manusia, seperti yang dijelaskan Dr. Aplin kepada AFP. Bisa juga tikus-tikus ini diburu ketika masyarakat mulai mengenal alat-alat yang terbuat dari logam.

Tikus raksasa terbesar di Cina
Perbandingan kerangka tikus raksasa dan tikus rumah saat ini - photo by gizmag
    Sebagai perbandingan, tikus raksasa saat ini hidup di hutan Filipina dengan ukuran berat mencapai 2 Kg. Bandingkan dengan ukuran tikus raksasa yang hidup 1000 tahun silam di pulau Timor. Kini, Dr. Aplin berencana akan menjelajah pedalaman pulau Timor untuk menemukan sisa-sisa keberadan tikus raksasa tersebut. Meskipun wilayah Pulau Timor hanya 15% wilayah hutan, Dr. Aplin berambisi meneruskan eksplorasinya mencari keberadaan tikus raksasa tersebut. "Mungkin mereka masih ada di sana" ujar Dr. Aplin. Penemuan Dr. Aplin bersama tim arkeolog lainnya sudah dipubliksasikan di  American Museum of Natural History. Selain di Timor, para arkeolog ini juga menemukan 6 spesies tikus raksasa di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ilustrasi tikus raksasa Timor

Semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan berikan komentar cerdas sobat di bawah ini.
Salam :)

Baca juga ini :

Gara-gara Real Madrid Kalah, Pria Ini Nekat Gantung Diri

Pasangan Suami Istri Terpendek di Dunia

Jejak Sejarah Tentara Australia di Timor

 

                                                              * * * * * * * *

Sumber : Caving News dan Gizmag

Madridistas Sleman Bunuh Diri Karena Kekalahan Madrid Atas Dortmund

    Kekalahan telak klub raksasa Real Madrid di Signal Iduna Park Stadium markas Borussia Dortmund dengan skor 4-1 tidak hanya menyisakan luka pahit yang mendalam bagi pelatih Mourinho serta bintang mereka Christiano Ronaldo cs, tetapi juga menjadi luka bagi segenap Madridistas di seluruh dunia. Tidak terkecuali Ari Herlambang, seorang Madridistas asal Sleman, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini rela mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri usai menonton pertandingan Liga Champions  yang berakhir dengan kekalahan 4-1. Empat gol yang digelontorkan Lewandowski ke gawang Diego Lopez ternyata menjadi cerita pilu bagi pria 39 tahun ini yang juga pecinta Madrid (Madridistas).

Madridistas Bunuh Diri Karena Real Madrid Kalah
Empat gol Lewandowski mengubur perjuangan Madrid di Iduna Signal park Stadium - pic by sebatas
   Dituturkan oleh istrinya Sri Reswati bahwa ia tidak menyangka jika suaminya nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tragis seperti itu. Sri Reswati yang sebelumnya bersama sang suami menyaksikan pertandingan Dortmund vs Madrid tidak menaruh curiga ketika suaminya pamit keluar rumah seusai menonton pertandingan. Sri yang sadar keesokan paginya tidak menemukan suaminya di dalam kamar. Didorong rasa penasaran, wanita usia 40 tahun ini mencari suaminya dan mendapatkan sang suami sudah tidak bernyawa lagi. Menurut Polda DIY, kejadian ini murni bunuh diri. Keluarga juga menolak melakukan autopsi karena tidak deitemukan pula bekas luka kekerasan di tubuh Ari Herlambang. Dugaan kuat korban meninggal karena rasa kecewa kekalahan Real Madrid karena selama ini almarhum Ari tidak memiliki persoalan apapun.

   Berita kematian Ari Herlambang ini tentu sangat disayangkan. Sikap fanatik yang berlebihan hanya akan membawa dampak negatif. Untuk itu, sikap fanatisme seperti ini perlu disikapi dengan bijak dan juga pada tempatnya.

                                                        * * * * * * * *

Sumber : Kompasiana

   

Menghapus Isu SARA Dalam Pilgub NTT 2013

Artikel berikut ini sekedar opini penulis saja terkait dengan semakin maraknya isu SARA di dalam Pilgub (pemilihan gubernur) provinsi NTT.

Menghapus Isu SARA Dalam Pilgub NTT 2013

      Proses pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Nusa Tenggara Timur kini memasuki putaran kedua setelah pada putara pertama masing-masing balon pasangan tidak mampu meraih suara hingga 30 persen suara sah dari total 2.286.461. Hasil pleno rekapitulasi Pilgub NTT yang dilakukan KPUD NTT memutuskan dua pasangan peraih suara terbanyak yakni Frans Lebu Raya-Beny Litelnony dengan 681.273 suara (29,80 persen) dan Esthon Foenay-Paul Tallo dengan 515. 836 (22,56 persen) untuk melaju ke putaran kedua Pilgub NTT (Tempo Online, 28 Maret 2013). Keputusan KPUD NTT ini menjadi babak baru pula bagi pertarungan kedua kubu calon gubernur NTT untuk memberikan yang terbaik dalam pemilihan mendatang.

       Menjadi hal yang menarik untuk dikaji bahwa kedua calon pasangan  gubernur NTT yaitu Frans Lebu Raya dan Esthon Foenay adalah dua partner yang hingga saat ini masih bersama-sama menjalankan roda pemerintahan NTT sampai akhir masa bakti pada tahun 2013 ini. Selama masa bakti sejak tahun 2008 hingga kini, telah banyak pencapaian yang sudah dibuat kedua pemimpin ini. Kini, pada Pilgub NTT, mereka (Frans Lebu Raya dan Esthon Foenay) kembali terpanggil untuk melanjutkan tugas mulia yang berat ini, guna membangun masa depan NTT yang lebih baik. Tentu niat mulia ini perlu diapresiasi, mendapatkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat NTT. Namun spirit perubahan tersebut menjadi ternoda pasca isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) yang dikobarkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ketika Isu SARA "Bermain"
    
    Isu SARA bukan barang baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini. Bisa dikatakan bahwa isu SARA telah menjadi warna pembeda kisah panjang sejarah perjalanan umat manusia. Maka tidak mengherankan bila dalam beberapa kesempatan, hadir oknum-oknum tidak bertanggung jawab dalam memainkan isu SARA. Para pelaku tentu tahu betul bahwa isu yang satu ini adalah yang paling sensitif dan mampu mempengaruhi pikiran masyarakat menjadi primordialistik. Berada dalam masyarakat yang plural, isu SARA dapat menjadi api penyulut perpecahan. Menyadari hal tersebut, sejak awal kemerdekaan, para founding fathers kita telah menanamkan semangat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi kontra isu SARA. Semangat ini yang sudah semestinya perlu terus dilestarikan sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga harmonis.
Pilkada NTT
Pemilukada NTT 2013 - pic by taskubagus

      Hal serupa kini telah terjadi pula di tengah-tengah masyarakat NTT. Jauh-jauh hari sebelum Pilgub NTT, isu yang sama juga pernah menjadi perdebatan hangat selama Pilgub DKI Jakarta menjelang tutup tahun 2012 lalu. Kembali ke akar masalah isu SARA di NTT, entah siapa yang memulai, namun kini masyarakat sedang berada dalam perahu dilema, dihipnotis idealisme sempit yang berakar pada sikap primordialisme. Isu Flores (Frans Lebu Raya) versus Timor (Esthon Foenay) dan Katolik (Frans Lebu Raya)  versus Kristen Prostestan (Esthon Foenay) menjadi api SARA yang sedang dimainkan oknum-oknum yang memang dengan sengaja menciptakan ketidakstabilan dalam masyarakat NTT.  Bermain-main dengan isu suku dan agama dalam iklim berdemokrasi seperti saat ini hanya akan menjadi bumerang bagi masyarakat. Pada akhirnya juga masyarakat yang akan menerima dampak buruk dari situasi yang tidak sehat seperti ini. 

      Mengutip apa yang pernah dikatakan Ketua Koordinasi Nasional Gerakan Peduli Pluralisme Damien Dematra pasca berhembusnya isu SARA dalam Pilgub DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu, beliau menegaskan bahwa isu SARA memang menjadi komoditas yang murah, sensitif, dan mudah disebarkan dalam sebuah masyarakat plural. Namun, kampanye hitam dengan menebarkan hal-hal yang berbau SARA menunjukkan hilangnya kreativitas dalam berpolitik (Kompas Online, 1 Agustus 2012). 

       Munculnya isu SARA dalam Pilgub NTT saat ini jelas dapat memecah belah konsentrasi pemilih sah dan lebih buruknya lagi dapat menyulut bahkan memecah belah persatuan dan kerukunan masyarakat NTT yang sejatinya merupakan masyarakat yang pluralis. Masyarakat akan terjebak dalam permainan idealisme primordialistik tanpa secara rasional dan bijak melihat visi dan misi yang dibawa masing-masing calon pasangan dalam Pilgub. Akan menjadi sangat berbahaya bila situasi ini terus dipelihara apalagi dibenarkan oleh para tokoh masyarakat dan agama. Situasi demikian akan semakin memperkeruh iklim berdemokrasi di NTT dan menciptakan masyarakat NTT yang primordial, sensitif, saling curiga, saling tuding dan tidak kreatif. Untuk itu, para tokoh masyarakat dan agama perlu bersikap bijak dan tidak memperkeruh suasana dengan memelihara isu SARA ini. Peran para tokoh agama dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam situasi seperti saat ini. Bila perlu, tokoh masyarakat, agama dan juga lembaga pendidikan harus menjadi media sosialisasi politik yang sehat bagi masyarakat awam dalam memberikan pendidikan politik dan sikap kontra terkait isu SARA. 

Masyarakat Perlu Bijak

      Semakin maraknya isu SARA menjelang bergulirnya Pilgub NTT putaran kedua tentu menjadi beban bagi masyarakat NTT. Bagaimana tidak? Masyarakat tidak lagi dengan bebas menentukan dan memilih calon pemimpin tetapi lebih diarahkan dan berada dalam tekanan sikap primordialistik dalam dirinya. Semakin berkobarnya isu SARA dalam kehidupan masyarakat NTT akan semakin memperburuk suasana kehidupan dan kerukunan yang telah lama terbina. Bahayanya lagi, bila isu SARA terus dipelihara dan menjadi sebuah "kepercayaan" yang mudah saja diterima, maka itu akan lebih mudah menciptakan rasa sentimen, saling curiga, iri dan bahkan sikap permusuhan yang dapat mengancam dan mengikis rasa persaudaraan yang telah lama tumbuh dalam kehidupan masyarat NTT. 

      Tidak hanya itu saja. Masyarakat NTT perlu terus diingatkan bahwa isu SARA bukanlah bagian dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat. Isu SARA memang sengaja diciptakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang ingin melihat perpecahan atas nama suku dan agama di NTT. Hal demikian yang harus sedini mungkin bisa kita padamkan, harus bisa dihapus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Isu SARA ini seharusnya menjadi alarm dini bagi masyarakat NTT untuk segera merapatkan barisan, saling merangkul tangan tanpa membeda-bedakan suku, agama maupun golongan.  

Membunuh SARA
    Disadari atau tidak, isu SARA adalah ancaman bagi masa depan suatu kerukunan dan persaudaraan yang dibangun diatas asas pluralisme. Bila terus dibiarkan, isu SARA dapat menjadi perusak fondasi-fondasi persatuan dan kesatuan bersama. Isu SARA yang kini melanda masyarakat NTT dalam Pilgub 2013 ini tentu menjadi ancaman yang serius bagi persatuan dan kesatuan masyarakat NTT yang memang pluralis. Masalah ini dapat menjadi lingkaran setan bagi masyarakat NTT sendiri. Bila isu SARA terus hidup dalam pikiran masyarakat, bukan tidak mungkin ke depannya akan melahirkan sikap diskriminatif terhadap suku atau agama tertentu, apalagi itu dilandasi sikap "balas dendam" politik. Bila hal tersebut yang terjadi, lingkaran setan isu SARA akan semakin tumbuh dalam kehidupan bermsayarakat di NTT dan itu akan semakin sulit untuk dihentikan. Selain itu, jika isu SARA terus dibiarkan, tidak mungkin angka golput dalam Pilgub NTT juga akan semakin meningkat karena masyarakat merasa dilema atau memilih untuk tidak disetir dalam permainan politik praktis yang membawa isu SARA tersebut.

     Bertolak dari hal tersebut, maka sudah saatnya masyarakat NTT membangun sikap kritis dan bijak. Masyarakat juga perlu menghilangkan budaya SARA dalam kehidupan bermasyarakat. Isu SARA harus bisa dibunuh, bukan saja dalam situasi Pilgub saat ini, tetapi untuk seterusnya, dalam keseharian kehidupan masyarakat NTT. Tidak penting dari suku apa ataupun agama apa pemimpin NTT mendatang, yang terpenting masyarakat mampu mengawasi jalannya roda pemerintahan yang telah dipercayakan oleh seluruh masyarakat NTT. Masyarakat NTT juga perlu percaya bahwa kedua calon pasangan Pilgub NTT ini adalah pemimpin-pemimpin hebat dan arif yang siap membawa banyak perubahan positif bagi NTT. Masing-masing dari mereka sudah siap memberikan yang terbaik bagi NTT sesuai visi dan misi yang mereka emban. Sudah saatnya NTT bersatu untuk NTT yang lebih baik.


                                                             * * * * * * * *



             

Daftar 10 Negara Dengan Kekuatan Militer Terbaik 2013

    Berikut adalah Daftar 10 Negara Dengan Kekuatan Militer Terbaik Tahun 2013 berdasarkan laporan Global Fire Power. Silahkan klik pada nama negara yang bersangkutan untuk melihat detail klasifikasi kekuatan militer negara yang bersangkutan. Perhitungan didasarkan pada jumlah peralatan tempur, prajurit militer, kekuatan ekonomi, sumber daya manusia dan cadangan energi yang dimiliki negara.

1. Amerika Serikat
2. Rusia
3. China
4. India
5. Inggris
6. Prancis
7. Jerman
8. Korea Selatan
9. Italia
10. Brazil
       
 Akhirnya, semoga info ini bermanfaat. Salam !

Kekuatan militer terbaik di dunia
Negara dengan kekuatan militer terbaik - pic by Google



                                                                     * * * * * * * *

Sumber : Global Fire Power

Heboh ! Video Pelecehan Agama Oleh Lima Siswi SMA Negeri 2 Tolitoli

    Sungguh malang nasib 5 siswi SMA Negeri 1 Tolitoli, Sulawesi Tengah ini. Niat hati hanya ingin bercanda dan iseng-isengan, video mereka menirukan shalat sambil berjoget diiringi lagu Maroon 5 harus berakhir tak sesuai harapan. Kelima siswi ini dikeluarkan dari sekolah dan dilarang mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA pasca beredarnya video aksi mereka di situs Youtube. Aksi gila mereka ini juga akan dibayar mahal karena telah melanggar undang-undang penistaan agama pasal 156 a KUHP.

Lihat video aksi 5 Siswi SMA 2 Tolitoli dibawah ini :





Aksi nekat mereka kini dikecam banyak pihak. Semoga ke depannya tidak ada lagi aksi-aksi gila seperti ini lagi, apalagi dilakukan oleh para kaum muda yang berintelek dan generasi muda harapan bangsa. Salam

Silahkan berikan komentar cerdas sobat di kolom komentar di bawah ini.

                                                                   * * * * * * * *
Sumber

Pasangan Suami Istri Terpendek Di Dunia

     Kejadian unik ini terjadi di China. Adalah Li Tangyong, pria dengan tinggi 1,1 meter ini menikahi Chen Guilan. Seperti sang suami, Chen juga memiliki terbilang lebih pendek dengan ukuran tinggi 70 cm saja.Pasangan ini diyakini sebagai pasangan suami istri terpendek di dunia. Berikut foto Li Tangyong dan istrinya Chen Guilan.


Manusia Terpendek Di Dunia
Li Tangyong bersama istrinya Chen Guilan - photo by user5
Manusia paling pendek di dunia
Li Tangyong dan Chen Guilan - photo by guy-sport



                                                                 * * * * * * * *
Dari berbagai sumber

Daftar Radio Streaming Kupang

     Selamat malam sobat Blogziip. Malam ini Blogziip akan kembali share informasi unik tentunya. Seperti judul postingan di atas, Blogziip akan berbagi informasi Daftar Radio Streaming Kupang, Nusa Tenggara Timur. Keberadaan radio streaming yang memanfaatkan perkembangan jaringan internet ini telah membantu para pendengar radio di seluruh dunia untuk bisa mengakses radio favorit dan tetap mendapatkan informasi hangat.
Radio Streaming Kupang
Radio streaming Kupang - photo by buatstreamingradio
Selain itu, radio sreaming ini juga menjadi media bagi para perantau di tanah orang untuk tetap terhubung dengan kampung halaman lewat siaran-siaran radio daerah yang sudah streaming di internet.

Berikut adalah beberapa daftar Radio di Kupang yang sudah on air di streaming internet :





Itulah beberapa stasiun Radio di Kupang yang sudah on air di internet. Bagi sobat-sobat yang berminat untuk mendengarkan, silahkan klik link di atas. Semoga ke depannya semakin banyak radio-radio di Nusa Tenggara Timur yang menggunakan kecanggihan streaming sehingga bisa dinikmati anak-anak Flobamora dimanapun berada. Terima kasih.

Note : Bagi sobat-sobat di Kupang yang ingin menambahkan daftar radio streaming kota Kupang, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Salam !

                                           
                                                                   * * * * * * * *

Februari - Monika Nia feat Nelos Koban

   Lagu berikut adalah hasil kerja pertama rumah produksi Respublica Production yang dimotori oleh bung Freddy Oki dan saya sendiri. Sebagai tugas awal, Respublica Production dipercayakan untuk menangani video klip lagu Februari yang dibawakan oleh Monika Nia dan Nelos Koban.

Berikut adalah video klip Februari tersebut.





Akhirnya, semoga sobat terhibur dengan lagu ini. Maaf bila banyak kekurangan dalam video ini. Maklum baru belajar :)

Sumber video : Youtube

Jejak Sejarah Tentara Australia Dalam Perang Timor

    Artikel kali ini akan fokus membahas sejarah masa lampau bangsa Indonesia. Namun untuk artikel yang satu ini, spesial untuk perjuangan dari Timur Indonesia, tepatnya dari Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Timor sendiri pernah terjadi perang besar antara Belanda-Australia melawan invasi pasukan Jepang di wilayah Timor Barat dan juga Portugis melawan Jepang di wilayah Timor Timur atau Timor Leste.

Sejarah Perang Timor
Serangan Jepang ke Kupang

    Perang ini meletus pada 20 Februari 1942. Tiga bulan serangan Jepang ke Pearl Harbour, Jepang melakukan invasi ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Pulau Timor. Di Pulau Timor sendiri terbagi antara dua kolonial yakni Belanda di sebelah Timor Barat atau yang dikenal dengan sebutan Timor Belanda dan Portugis di sebelah Timor Timur atau sebutan Timor Portugis. Sebelum invasi Jepang ke Indonesia, Australia dan Belanda telah melakukan perjanjian bahwa tentara Australia akan memperkuat kekuatan tentara Belanda di Timor. Sebagai tindak lanjut, Australia kemudian menempatkan 1400 prajuritnya di Timor lima hari setelah Pearl Harbour diserang angkatan udara Jepang. Pasukan ini diberi nama "Sparrow Force". Keberadaan tentara Australia di Kupang untuk mempertahankan bandara Penfui dari invasi Jepang dan membantu tentara Belanda mempertahankan wilayah kekuasaan di Timor.

    Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa harus Timor? Timor dalam pandangan Jepang menjadi sarana atau media bagi Jepang untuk bisa sampai dan menguasai Australia sehingga tentara Nippon dapat memanfaatkan peluang tersebut. Dalam Perang Timor ini Portugis mengambil posisi netral untuk tidak terlibat dalam perang dan Jepang menghormati keputusan tersebut walaupun kemudian Jepang juga ikut menginvasi Timor Leste.

   Pada Perang Timor ini, tentara sekutu harus mengakui keunggulan tentara Jepang. Bahkan serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Jepang terjadi diluar prediksi tentara sekutu. Setelah perang ini banyak tentara Belanda dan Australia yang ditangkap. 

Berikut adalah foto-foto tentang keberadaan tentara Australia di Timor selama Perang Timor.

Tentara Australia sedang memasang radio untuk komunikasi dengan Australia - photo by awm
Serangan pertama Jepang ke Kupang tahun 1942- photo by awm
Masyarakat Timor ikut membantu tentara Australia - photo by awm
9 Desember 1942, foto tentara Australia di Ailalec - photo by awm
Tentara Australia sedang menikmati daging sapi dan nasi - photo by awm
Tentara Australia Lieutenant Gerry McKenzie - photo by awm
Tentara Australia bersama masyarakat lokal- photo by awm
Sedang melakukan patroli - photo by awm
Tentara Australia bersama warga Timor membawa kuda poni - photo by awm
Masyarakat lokal memberikan buah kelapa kepada tentara Australia- photo by awm


Sebuah pesawat bomber RAAF-Royal Australian Air Force (RAAF) di atas langit Dili- photo by awm
Seorang sniper - photo by awm
Perang melawan Jepang - photo by awm
Tentara Australia membakar kampung Mindello agar tidak digunakan Jepang- photo by awm 
Para pilot bomber kembali dari misi di Timor tahun 1943 - photo by awm
Di atas kapal - photo by awm
Kupang , 2 Oktober 1945 tampak wanita-wanita Jawa di Timor yang bebas dari rumah bordil buatan Jepang- photo by awm
Mautasi yang tertembak mati oleh Jepang - photo by awm
Perpisahan tentara Australia dan masyarakat Timor - photo by awm
Fernando bersama senjata yang direbut dari tentara Jepang - photo by awm
Lequi, salah seorang kepercayaan tentara Australia - photo by awm
Para jenderal sedang menikmati makan malam- photo by awm
Tentara Australia bersama masyarakat lokal dengan lata belakang bangkai kapal HMAS Voyager - photo by awm
Bangkai kapal HMAS Voyager - photo by awm
Seorang tawanan tentara Jepang di Darwin, Northen Territory- photo by awm
Komandan Kolonel Tatsuichi Kaida dan kepala stafnya Mayor Minoru Shoji di atas kapal HMAS Moresby ketika Jepang menyerah kepada sekutu
Dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu maka menandai dimulainya kembali penjajahan Belanda atas Indonesia. Ini menjadi era baru bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat. Bila berkenan, silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah ini.
                                                                 
                                                               * * * * * * * *

Sumber : Australian War Memory

Video Profil Mama Aleta Baun

   Mama Aleta Baun tidak pernah menyangka bahwa usaha dan kerja kerasnya untuk melawan pembukaan penambangan marmer di Molo akan membawa dia melanglang buana sampai ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Tujuan Mama Aleta berada di Amerika Serikat adalah untuk menerima penghargaan Goldman Environmental Prize  2013 sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas perjuangan Mama Aleta selama 11 tahun untuk membebaskan tanah Molo dan alam sekitar dari penambangan marmer yang merusak lingkungan hidup. Penghargaan ini diberikan oleh lembaga lingkungan hidup Goldman bagi mereka yang melawan semua tantangan demi melindungi kelestarian lingkungan hidup dan masyarakat mereka berada.

Mama Aleta Baun
Mama Aleta Baun memegang penghargaan Goldman Environmental Prize  2013 - photo by detik.com

Mama Aleta - photo by jurnalperempuan
Berikut adalah sebuah video yang dibuat oleh Goldman terkait profil Mama Aleta Baun.


Sumber video :Goldman Prize

Parodi Komedi Crackovia FC Barcelona vs Madrid

     Apakah sobat adalah salah satu fans dari klub FC Barcelona maupun Real Madrid? Jika ya, tidak ada salahnya untuk menyaksikan parodi komedi Crackovia yang dijamin mampu membuat sobat tersenyum geli ataupun tertawa terbahak-bahak. Crackovia sendiri adalah sebuah komedi yang diperankan para aktor yang berakting seperti pemain sepak bola dunia. Sering mereka hanya memerankan kehidupan pemain Barca dan Madrid dengan berbagai kekonyolan. Berikut beberapa gambar dari Crackovia.

Barcelona funny moments
Lionel Messi dan Iniesta versi Crackovia - photo by crackoviafan
Barca funny moments
Mezut Ozil versi Crackovia - photo by crackoviafan
Parodi Komedi Crackovia
Puyol asli dan Puyol versi Crackovia - photo by crackoviafan
Real Madrid funny moments
Crackovia David Villa - photo by crackoviafan
Barcelona funny moments
Para pemeran parodi komedi Crackovia - photo by crackoviafan


Bagi sobat-sobat yang ingin menyaksikan aksi kocak para pemain Crackovia, video-video lucu mereka bisa disaksikan langsung di Youtube. Cari dengan kata kunci atau keywords Crackovia, atau parodia Crackovia, dijamin sobat akan mendapatkan banyak video kocak mereka.

Berikut salah satu video Crackovia di Youtube yang menampilkan aksi ala koboy Mourinho yang sedang memegang senjata api.


Sumber video : di sini

Gunung Mutis: Pesona Keramat Sang Perawan

Gunung Mutis
Pemandangan Gunung Mutis dari Noebesi
    Gunung Mutis merupakan gunung tertinggi di pulau Timor dengan ketinggian 2.427 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.

    Gunung Mutis tak hanya terkenal akan keindahan alamnya yang eksotik, namun juga menyimpan cerita mistik. Masyarakat sekitar lereng Mutis sangat menghormati keberadaan gunung Mutis yang keramat itu sehingga tidak ada yang berani untuk menebang pohon di gunung tersebut.

   Kearifan lokal inilah yang telah membuat keberadaan hutan di Gunung Mutis tetap hijau dan lestari. Tak hanya itu, gunung Mutis juga telah menjadi surga kehidupan bagi masyarakat setempat. Sungai Oe Anin yang mengalir langsung dari gunung Mutis tak hanya mengairi sawah masyarakat di sepanjang aliran sungai, tetapi juga telah memberikan suplai air bersih bagi masyarakat kota Kefamenanu, ibukota dari kabupaten TTU (Timor Tengah Utara, pen).

Gunung Mutis
Hamparan sabana di kaki Mutis - photo by makemytripadvisor
  Untuk itu kearifan lokal dan sikap menghormati alam harus terus dipupuk sehingga tercipta keharmonisan dan keselarasan dalam hidup. Mari bersama kita jaga alam kita ini.

Salam nekaf mese ansaof mese, jauh-jauh dari ranah karang Timor. 

                                                       * * * * * * * * *


Repost dari blog lama Taman Kata yang sudah dihapus.

Sonaf Tamkesi - Catatan Kenangan Ekspedisi Timor Mahasiswa Parahyangan

    Artikel kali ini saya akan berbagi cerita kenangan dari teman-teman Arsitektur Hijau, sebuah organisasi kemahasiswaan Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang bergerak dibidang dokumentasi arsitektur nusantara. Artikel ini sendiri sudah dipublikasikan di forum Kaskus oleh saudara LeenAddict tetapi saya akan menceritakan kembali dengan lebih ringkas saja. 

   Terdorong oleh keinginan untuk mempelajari kekayaan arsitektur rumah-rumah tradisional di Indonesia namun masih minimnya penelitian dan dokumentasi menjadi alasan tim Arsitektur Hijau memutuskan Pulau Timor sebagai destinasi bagi ekspedisi mereka. Tim kemudian memutuskan memilih Sonaf Tamkesi (masyakat suku Dawan di Timor Tengah Utara juga sering menyebut dengan nama Sonaf Tamkes) karena terdorong rasa ingin tahu akan budaya dan arsitektur di kampung tersebut yang konon memiliki banyak pantangan adat yang terbilang ketat.

    Setelah tiba di Kupang, tim Arsitektur Hijau tidak langsung menuju ke kota Kefamenanu.Mereka masih mengunjungi Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka. Mereka juga menyempatkan memberikan buku-buku bagi anak-anak di panti tersebut. Setelah itu mereka bergerak ke Kefa dan melanjutkan perjalanan lagi ke Manufui dan Tamkesi.

Berikut adalah beberapa dokumentasi foto tim Arsitektur Hijau
Tim Arsitekur Hijau - photo by Arsitektur Hijau
Tim bersiap menuju Kefamenanu - photo by Arsitektur Hijau
Menyewa truk pasir untuk berangkat menuju Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Singgah di pasar di Kefa - photo by Arsitektur Hijau
Sonaf Tamkesi dari Google Map - photo by Arsitektur Hijau
Jalan di Manufui menuju Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Jalan di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Sabana di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Kawanan kuda di sabana Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
batu-batu keramat di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Ketika berada di wilayah Sonaf Tamkesi, dilarang untuk menjatuhkan barang diatau terantuk di tempat tersebut. Hal ini merupakan pertanda buruk sehingga perlu diberitahukan bagi para tetua adat sehingga mereka meminta berkat dan perlindungan dari leluhur agar terhindar dari hal-hal buruk.

Batuan Keramat - photo by Arsitektur Hijau
Masyarakat Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Tarian menyambut tim - photo by Arsitektur Hijau
Ritual makan sirih pinang - photo by Arsitektur Hijau
Persiapan sebelum penelitian
Para lelaki di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Para wanita Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Wanita Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Lelaki Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Bocah kecil di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Wanita Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Mesbah Allah diantara gunung Tapenpah dan Oepuah - photo by Arsitektur Hijau
Mesbah Allah yang berbentuk batu ceper ini diletakkan diantara gunung Tapenpah dan Oepuah sebaga lambang kekuatan dan kesejahteraan. Masyarakat di Tamkesi sangat menjunjung tinggi aturan adat karena bila dilanggar maka akan berbahaya bukan saja bagi pelanggarnya tetapi juga seluruh kampung, misalnya mendatangkan bahaya kelaparan atau ken neno (petir). Masyarakat di Tamkesi juga sangat menjunjung tinggi nilai kearifan lokal dan tetap menjaga kelestarian hutan sehingga sumber air masih tetap ada untuk penduduk setempat.

Ilustrasi batu pengadilan - photo by Arsitektur Hijau
Tim di hutan kawasan Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Kompleks benteng yang melindungi Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Kompleks Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Rumah penduduk di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Kompleks Sonaf Tamkesi - - photo by Arsitektur Hijau
Hutan di kawasan Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Lopo sebagai lumbung makanan - photo by Arsitektur Hijau
Model lopo - photo by Arsitektur Hijau
Tiang penyangga - photo by Arsitektur Hijau
Malam kebersamaan di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Minum kekeluargaan bersama - photo by Arsitektur Hijau
Ukiran di tiang Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Atap Sonaf Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Pemandangan sunset dari Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau

Foto bersama di Tamkesi - photo by Arsitektur Hijau
Ekspedisi Timor - photo by Arsitektur Hijau

Melihat apa yang sudah dilakukan teman-teman dari tim Arsitektur Hijau, patut diapresiasi dan diacungi jempol karena bisa melihat bagaimana para arsitektur muda ini mempelajari arsitektur tradisional masyarakat di Timor khususnya di Tamkesi, Timor Tengah Utara. Semoga apa yang sudah mereka mulai bisa menjadi sesuatu yang bermakna.

   Sebagai orang Timor dan masyarakat TTU pula, sudah saatnya pemerintah daerah TTU melihat potensi pariwisata ini dan menjadikan Tamkesi sebagai cakar budaya dalam melestarikan nilai-nilai tradisional masyarakat Timor Dawan. Terima kasih banyak tim Arsitektur Hijau Universitas Parahyangan Bandung.

Berikut adalah video trailer dari film yang mereka buat selama berada di Tamkesi.



Sumber video : Thadul

Berikut juga adalah lagu persembahan dari anak-anak Tamkesi



Sumber video : alouwRee

Special thanks to LeenAddict dan tim Arsitektur Hijau

                                                                   * * * * * * * *

Sumber artikel  Kaskus
 
Copyright © 2013 Kumpulan Informasi Menarik
About Us | Contact Us | Term of Service | Privacy Policy
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger